Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN Cepokosawit II Tahun Pelajaran 2011/ 2012

Setyagama, Yoga (2011) Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN Cepokosawit II Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._Halaman_Judul.pdf

Download (247kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Bab II)
04._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] PDF (Bab V)
07._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Lampiran )
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam peneltian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing pada siswa kelas V SDN Cepokosawit II, Sawit, Boyolali. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Cepokosawit II yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 57,80 dengan persentase ketuntasan sebesar 56,25%, siklus I nilai rata-rata kelas 68,125 dengan persentase ketuntasan sebesar 68,75%, siklus II nilai rata-rata kelas 77,25 dengan presentase ketuntasan sebesar 81,25%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Cepokosawit II Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 16 Mar 2012 08:48
Last Modified: 16 Mar 2012 08:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17347

Actions (login required)

View Item View Item