KRISTIAWAN , ANDIKA (2012) Peningkatan Pemahaman Materi Koperasi Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Metode Membaca Kwl (Know, Want, Learned) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 01 Sambirejo Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_depan.pdf Download (57kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_111.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran IPS siswa sering mendapat nilai rendah, hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman materi pembelajaran. Kuranganya pemahaman materi dikarenakan siswa kurang konsentrasi sehingga siswa bosan dengan metode pembelajaran guru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman materi tentang koperasi melalui metode membaca KWL (know, want, learned) pada siswa kelas IV SDN 01 Sambirejo Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2011. Metode KWL mempunyai tujuan meningkatkan minat membaca dan memberikan suatu peran aktif siswa sebelum, saat, dan sesudah membaca. Strategi ini membantu mereka memikirkan informasi baru yang diterimanya. Metode ini juga bisa memperkuat kemampuan siswa mengembangkan pertanyaan tentang berbagai topik. Siswa juga bisa menilai hasil belajar mereka sendiri. Metode ini sangat tepat diterapkan pada siswa sekolah dasar dimana anak-anak akan mudah mengingat apa yang mereka ketahui sendiri dari pada menerima dari orang lain seperti pada metode membaca KWL ini. Data pemahaman materi IPS diambil dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dari penelitian ini dengan cara kualitatif, yaitu menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman dengan ditandai peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Koperasi. Yaitu pada aspek kognitif sebelum tindakan 52% siswa yang tuntas, siklus I 68% siswa tuntas dan siklus II 88% siswa mengalami ketuntasan. Jadi penggunaan metode membaca KWL dapat meningkatkan pemahaman materi Koperasi pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 01 Sambiejo.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Membaca KWL (Know, Want, Learned), peningkatan pemahaman materi koperasi bagi siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 15 Mar 2012 10:31 |
Last Modified: | 15 Mar 2012 10:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17329 |
Actions (login required)
View Item |