Haryani , Titik (2012) Penggunaan Metode Kuis Tim Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Kaliboto Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (41kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
Abstract
Titik Haryani, A510070620, Penggunaan Metode Kuis Tim Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Kaliboto Kecamatan Mojogedang. Karanganyar Tahun 2010/2011. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Oktober 2011. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penggunaan Metode Kuis Tim dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Kaliboto Kecamatan Mojogedang. Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V di SD Negeri 03 Kaliboto Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah subyek penelitian 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana pada kondisi awal pembelajaran / pra siklus dari jumlah 30 siswa, hanya 13 siswa yang tuntas atau sekitar 43% . Pada siklus I diketahui bahwa dari 30 siswa yang mencapai ketuntasan dari indikator KKM sebanyak 17 siswa atau 57% dan yang belum tuntas sebanyak 13 siswa 43 %. Pada siklus II dari 30 siswa yang telah tuntas 25 siswa atau 83 %, sedangkan sisanya adalah 5 siswa atau 17 %. Pada siklus III telah mencapai ketuntasan 30 siswa atau 100%. Hal ini berarti taraf ketuntasan siswa dalam 1 kelas telah mencapai di atas indikator pencapaian 85%. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat diterima yakni: ” Penggunaan Metode Kuis Tim Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Kaliboto Kecamatan Mojogedang Tahun 2010/2011” dapat terjawab atau hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode kuis tim, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 15 Mar 2012 10:18 |
Last Modified: | 15 Mar 2012 10:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17327 |
Actions (login required)
View Item |