Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Pmr Berbasis Media Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Cangakan Kec. Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012

SULISTIAWAN , OVI (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Pmr Berbasis Media Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Cangakan Kec. Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (117kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)

Abstract

Penelitian di SDN 02 Cangakan Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran PMR berbasis media siswa kelas IV SDN Cangakan. Masalah yang mendasar dalam penelitian ini ialah hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 02 Cangakan yang rendah. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sebanyak 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini yang berperan sebagai obyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 02 Cangakan yang berjumlah 29 siswa. Data-data yang dikumpulkan meliputi data aktivitas siswa dan data prestasi belajar siswa melalui metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah Triangulasi data dan Triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, ternyata hipotesis yang dirumuskan telah terbukti kebenarannya. Dengan penerapan model pembelajaran PMR berbasis media dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 02 Cangakan. Hal ini Terbukti bahwa rata-rata kelas pada siklus awal hanya 33,8 meningkat menjadi 48 pada siklus I, 59 pada siklus II dan 79 pada siklus III. Prosentase ketuntasan meningkat dari 24.1% menjadi 34,5% pada siklus I, 48% pada siklus II, dan 90% pada siklus Berdasarkan kenyataan ini terbukti bahwa Pembelajaran Matematika Realistik berbasis media berhasil meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada materi bangun ruang kelas IV SDN 02 Cangakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, PMR berbasis media, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2012 09:58
Last Modified: 15 Mar 2012 09:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17324

Actions (login required)

View Item View Item