Widyastuti, Arni (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Media Ilustrasi Lagu pada peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
pdf_hal_depan.pdf Download (147kB) |
|
|
PDF (Bab I)
PDF_BAB_I.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Bab II)
PDF_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab III)
PDF_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab IV)
PDF_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) |
||
PDF (Bab V)
PDF_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
PDF_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Lampiran )
PDF_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan keaktifan anak didik kelas VIII B SMP Negeri 3 Sawit Boyolali dalam pembelajaran menulis puisi dengan media ilustrasi musik (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 3 Sawit Boyolali dengan ilustrasi musik. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian ini adalah kata, tindakan peserta didik pada saat pembelajaran menulis puisi dengan media ilustrasi musik dan kata yang tertulis dari hasil puisi yang ditulis peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini adalah tempat dan peristiwa yaitu tempat guru dan peserta didik melakukan KBM yaitu di SMP Negeri 3 Sawit Boyolali dan dokumen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan tes. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media ilustrasi musik dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan peserta didik dalam menulis puisi. Keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pada siklus I sebesar 26,6% (8 anak), dalam siklus II menjadi 80% (24 anak). Jadi, mengalami peningkatan sebesar 53,4%. Kemampuan peserta didik dalam menulis puisi telah mencapai KKM sebesar 67 mengalami peningkatan, pada siklus I mencapai 46,7% (14 anak), siklus II 66,7% (20 anak). Jadi, mengalami peningkatan sebesar 20 %.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A310/2012-14 |
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Menulis Puisi, Media Ilustrasi Musik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 15 Mar 2012 06:53 |
Last Modified: | 19 Jun 2012 06:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17320 |
Actions (login required)
View Item |