Muktiani,, Endah (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._Halaman_Depan.pdf Download (272kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (223kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran )
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Ini adalah dengan penerapan metode pembelajaran Giving Questiona and Getting Answer untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI ips 2 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini untuk metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, teknik evaluasi/tes, dokumentasi, angket. Teknik analisis yang digunakan dengan model interaktif yang terdiri 3 kegiatan yaitu reduksi data, pengumpulan data, penarikan kesimpulan. Prosedur dalam Penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan diperoleh rata – rata tingkat keaktifan sebesar 18,92% dan hasil belajar akuntansi yang mencapai KKM 45,95% dengan nilai rata – rata 64,33. Pada siklus I tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi 42,08% dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 62,17% dengan nilai hasil belajar siswa 74,84. Pada siklus II tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi 72,2% dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 75,68 % dengan nilai hasil belajar siswa 77,25. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012 sebesar 70% dan dapat dietrima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer, Keaktifan, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 15 Mar 2012 06:12 |
Last Modified: | 15 Mar 2012 06:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17318 |
Actions (login required)
View Item |