Motivasi Belajar Akuntansi Ditinjau dari persepsi siswa mengenai Kompetensi guru dan pemanfaatan Perpustakaan pada siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun 2011/2012

Wulansari, Ayuk (2012) Motivasi Belajar Akuntansi Ditinjau dari persepsi siswa mengenai Kompetensi guru dan pemanfaatan Perpustakaan pada siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (258kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap motivasi belajar akuntansi pada siswa SMK N 1 Sukoharjo; 2) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap motivasi belajar akuntansi pada siswa SMK N 1 Sukoharjo; 3) Pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan pemanfaatan perpustakaan terhadap motivasi belajar akuntansi pada siswa SMK N 1 Sukoharjo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI jurusan akuntansi di SMK N 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012 berjumlah 160 siswa. Sampel diambil sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 13,972+ 0,347X1 + 0,249X2. Persamaan menunjukkan bahwa motivasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan pemanfaatan perpustakaan. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Persepsi siswa mengenai kompetensi guru berpengaruh terhadap motivasi belajar akuntansi pada siswa SMK N 1 Sukoharjo, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,382 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,022 dengan sumbangan efektif sebesar 21,58%; 2) Pemanfaatan perpustakaan berpengaruh terhadap motivasi belajar akuntansi pada siswa SMK N 1 Sukoharjo, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,236 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,031, dengan sumbangan efektif sebesar 19,92%; 3) Persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan pemanfaatan perpustakaan berpengaruh terhadap motivasi belajar akuntansi pada siswa SMK N 1 Sukoharjo, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 13,107 > 3,252 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,415 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru dan pemanfaatan perpustakaan terhadap motivasi belajar akuntansi pada siswa SMK N 1 Sukoharjo, adalah sebesar 41,5% sedangkan 58,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A210/2012-22
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru, Pemanfaatan Perpustakaan dan Motivasi Belajar Akuntansi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 13 Mar 2012 08:55
Last Modified: 18 Jun 2012 06:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17314

Actions (login required)

View Item View Item