Peranan Forum Komunikasi Pendidikan AL-Qur’an (FKPA) dalam Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an(TPA)

SUNARIMO, SUNARIMO (2012) Peranan Forum Komunikasi Pendidikan AL-Qur’an (FKPA) dalam Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an(TPA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (299kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (253kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)

Abstract

Allah Swt menurunkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia. Mempelajarinya adalah suatu keharusan demi kemaslahatan kehidupan di dunia dan akhirat. Maka dari itu, diperlukan sebuah lembaga yang, mengelola pembelajaran Al- Qur’an dengan baik sehingga dapat menghasilkan generasi Qur’ani. FKPA adalah lembaga pembinaan pembelajaran Al-Qur’an yang berlokasi di desa Randusari kecamatan Teras Kabupaten Boyolali, berusaha mengkoordinasi pendidikan Al-Qur’an di desa Randusari dan melakukan pembinaan terhadap unit-unit Taman Pendidikan Al-Qur’an. Berdasarkan hal tersebut,Bagaimana peranan FKPA dalam pembinaan TPA Randusari dan bentuk-bentuk pembinaan yang dilakukan?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan FKPA dalam membina TPA dan langkah –langkah strategis dalam membinanya. Adapun penelitian ini termasuk jenis penelitian Diskriptif Kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data,faktafakta dan menguraikanya secara menyeluruh dan teliti sesuai persoalan yang dipecahkan . Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi yaitu dengan mengadakan pengamatan terhadap letak geografis, fasilitas dan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan di unit TPA serta bentuk- bentuk pembinaan FKPA Randusari. Kemudian metode interview digunakan untuk mendapatkan data tentang gambaran umum dan pelaksaan proses belajar baca tulis Al-Qur’an, serta bentuk pembinaan TPA oleh FKPA di desa Randusari. Metode Dokumentasi akan digunakan untuk memperoleh berbagai data atau informasi yang ada kaitanya dengan permasalahan yang akan diteliti, berupa letak geografis , struktur pengurus ,keadaan FKPA dan unit TPA. Dalam melakukan analisis data, penulis melakukan cara berfikir induktif sedangkan data wawancara dianalis dengan deduktif. FKPA mempunyai peranan yang strategis dalam pembinaan TPA di Randusari yaitu sebagai koordinator, komunikator, dan lembaga dakwah dalam pembelajaran Al- Qur’an. Sedangkan langkah pembinaan TPA yang ditempuh oleh FKPA yang pertama adalah melalui pembinaan para pengasuh TPA, dalam hal ini ditempuh melalui training ustadz dan ustadzah serta refresing pengasuh. Kedua melalui pembinaan santri ditempuh dengan temu santri, tablig akbar dan out bond. FKPA membina unit TPA yang ada di desa Randusari dilakukan dengan pendekatan pembinaan secara langsung. Adapun pembelajaran TPA di Randusari disampaikan materi pokok yaitu: Baca tulis Al-Qur’an , Hafalan dan Do’a serta diberikan materi tambahan sesuai kemampuan unit TPA yaitu Aqidah Akhlak, Fiqh, dan Sirah. Sedangkan dalam belajar Al-Qur’an menggunakan metode Iqra’. Untuk menyampaikan materi Agama Islam dengan menggunakan beberapa metode yaitu metode hiwar,kisah, keteladanan, pembiasan, targhib dan tarhib.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lembaga pembinaan pembelajaran Al-Qur’an, TPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Mar 2012 11:10
Last Modified: 12 Mar 2012 11:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17308

Actions (login required)

View Item View Item