Irfiyanti, Irfiyanti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan F/D Card Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Karanganyar, Plupuh, Sragen Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (39kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca melalui permainan F/D card di Taman Kanak-Kanak Pertiwi kelompok A Karanganyar, Plupuh, Sragen. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan media permainan F/D card dengan jumlah anak 17 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang perkembangan kemampuan membaca anak, wawancara dilakukan dengan guru kelas kelompok A untuk mengetahui media apa yang digunakan dalam pembelajaran membaca di TK Pertiwi Karanganyar, sedangkan dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat pembelajaran membaca. Data yang digunakan adalah kualitatif yaitu perbandingan prosentase melalui siklus-siklus. Berdasarkan hasil perhitungan tiap siklus tentang perkembangan kemampuan membaca melalui permainan F/D card diperoleh hasil pada prasiklus 37,68%, siklus I 46,5%, siklus II 84,19%. Dengan demikian upaya meningkatkan kemampuan membaca melalui permainan F/D card pada anak kelompok A di TK Pertiwi Karanganyar tahun ajaran 2011/ 2012 dikatakan berhasil karena keberhasilan yang ditargetkan 75% ternyata pada siklus II sudah melebihi dari target yaitu 84,19%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A520/2012-16 |
Uncontrolled Keywords: | Membaca, Permainan F/D card |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Mar 2012 11:21 |
Last Modified: | 25 Jun 2012 07:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17293 |
Actions (login required)
View Item |