Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan F/D Card Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Karanganyar, Plupuh, Sragen Tahun Ajaran 2011/ 2012

Irfiyanti, Irfiyanti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan F/D Card Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Karanganyar, Plupuh, Sragen Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca melalui permainan F/D card di Taman Kanak-Kanak Pertiwi kelompok A Karanganyar, Plupuh, Sragen. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan media permainan F/D card dengan jumlah anak 17 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang perkembangan kemampuan membaca anak, wawancara dilakukan dengan guru kelas kelompok A untuk mengetahui media apa yang digunakan dalam pembelajaran membaca di TK Pertiwi Karanganyar, sedangkan dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat pembelajaran membaca. Data yang digunakan adalah kualitatif yaitu perbandingan prosentase melalui siklus-siklus. Berdasarkan hasil perhitungan tiap siklus tentang perkembangan kemampuan membaca melalui permainan F/D card diperoleh hasil pada prasiklus 37,68%, siklus I 46,5%, siklus II 84,19%. Dengan demikian upaya meningkatkan kemampuan membaca melalui permainan F/D card pada anak kelompok A di TK Pertiwi Karanganyar tahun ajaran 2011/ 2012 dikatakan berhasil karena keberhasilan yang ditargetkan 75% ternyata pada siklus II sudah melebihi dari target yaitu 84,19%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A520/2012-16
Uncontrolled Keywords: Membaca, Permainan F/D card
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Mar 2012 11:21
Last Modified: 25 Jun 2012 07:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17293

Actions (login required)

View Item View Item