Kurniawati , Pipit Setia (2012) Penerapan Strategi pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan keaktifan dan Hasil belajar Biologi Kelas VII A Pada pokok Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup di SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._Halaman_Depan.pdf Download (189kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
|
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Download (195kB) |
|
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran menggunakan strategi index card match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi kelas VII A pada pokok materi keanekaragaman makhluk hidup di SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, yang tiap siklusnya diakhiri dengan post test. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dari aspek kognitif siklus I nilai rata-rata sebesar 67.03 (ada peningkatan nilai sebesar 5.22) dari rata-rata nilai awal 61.81, sedangkan aspek afektif nilai rata-rata sebesar 11,03 (dikategori sedang). Siklus II aspek kognitif nilai rata-rata sebesar 72.13 (ada peningkatan nilai sebesar 5.1) dari siklus I sedangkan aspek afektif nilai rata-rata sebesar 17,47 (tergolong kategori baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif index card match dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar biologi siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran Index Card Match, keaktifan, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 09 Mar 2012 09:00 |
Last Modified: | 09 Mar 2012 09:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17282 |
Actions (login required)
View Item |