Efektivitas Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan tahun Ajaran 2006/2007

LENA, NUR (2007) Efektivitas Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (27kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan Tahun Ajaran 2006/2007. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data dari setiap akhir pertemuan yaitu dari aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif selama proses pembelajaran. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan Tahun Ajaran 2006/2007 sebanyak 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas VIII C. Sampel penelitian menggunakan tehnik purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang didasarkan atas ciri-ciri yaitu siswa kurang termotivasi untuk belajar, banyak siswa yang pasif dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa rendah.. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif yaitu data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III data dianalisis menggunakan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum pelaksanaan tindakan didapatkan rata-rata hasil belajar sebesar 5,17 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,95, rata-rata siklus meningkat menjadi 7,20 dan rata-rata pada siklus III meningkat menjadi 7,50 menunjukkan setelah dilakukan pemberian materi dengan metode role playing berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,43 point. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,43 point atau 43%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: role playing, hasil belajar biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Mar 2012 06:13
Last Modified: 09 Mar 2012 06:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17279

Actions (login required)

View Item View Item