LENA, NUR (2007) Efektivitas Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf Download (231kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf Download (27kB) |
Abstract
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan Tahun Ajaran 2006/2007. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data dari setiap akhir pertemuan yaitu dari aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif selama proses pembelajaran. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan Tahun Ajaran 2006/2007 sebanyak 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas VIII C. Sampel penelitian menggunakan tehnik purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang didasarkan atas ciri-ciri yaitu siswa kurang termotivasi untuk belajar, banyak siswa yang pasif dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa rendah.. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif yaitu data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III data dianalisis menggunakan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum pelaksanaan tindakan didapatkan rata-rata hasil belajar sebesar 5,17 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,95, rata-rata siklus meningkat menjadi 7,20 dan rata-rata pada siklus III meningkat menjadi 7,50 menunjukkan setelah dilakukan pemberian materi dengan metode role playing berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,43 point. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,43 point atau 43%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | role playing, hasil belajar biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Mar 2012 06:13 |
Last Modified: | 09 Mar 2012 06:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17279 |
Actions (login required)
View Item |