Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Siswa Kelas III SDN 02 Gondosuli, Tawangmangu Karanganyar Tahun 2011/2012

Hastini, Tri (2012) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Siswa Kelas III SDN 02 Gondosuli, Tawangmangu Karanganyar Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammmadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas III SD Negeri 02 Gondosuli melalui pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai subjek pelaku tindakan dan siswa kelas III SD Negeri 02 Gondosuli sebagai subjek yang dikenai tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang berdampak pada peningkatan pemahaman konsep matematika pada materi hubungan anrtarsatuan berat. Adanya peningkatan pemahaman konsep matematika dapat dilihat dari meningkatnya nilai hasil belajar siswa. Pada kondisi awal rata-rata nilai siswa 62,17 meningkat menjadi 67,22 pada siklus I dan menjadi 70,69 pada siklus II. Ketuntasan nilai hasil belajar yang semula 44,44% meningkat menjadi 61,11% pada siklus I dan pada siklus II mencapai 77,78%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Contextual Teaching And Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 07 Mar 2012 12:19
Last Modified: 07 Mar 2012 12:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17260

Actions (login required)

View Item View Item