Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Field Study Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Materi Pengukuran Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Mojoroto Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012

W A R D A N I , N I T A (2012) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Field Study Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Materi Pengukuran Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Mojoroto Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan pembelajaran koperatif tipe Field Study dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar matematika materi pengukuran pada siswa kelas IV SDN 02 Mojoroto Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. (2). Meningkatkan keaktifan belajar matematika materi pengukuran pada siswa kelas IV SDN 02 Mojoroto Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012 melalui penerapan pembelajaran koperatif tipe Field Study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 02 Mojoroto yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu proses siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil yang menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam aktif bertanya dan menjawab soal pada siklus I masing-masing 68,75% ( 11 siswa ) dan 62,5% ( 10 siswa ), pada siklus II menjadi 81,25% (13 siswa ) dan 87,5% (14 siswa ), pada siklus III menjadi 93,75% ( 15 siswa ) dan 87,5% (14 siswa ), sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I ada 9 siswa mendapat nilai di atas KKM ( 56,25% ), pada siklus II 13 siswa mendapat nilai di atas KKM ( 81,25% ) dan siklus III 15 siswa mendapat nilai di atas KKM ( 93,75% ). Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Field Study dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 02 Mojoroto Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Field Study, Keaktifan, dan Ketuntasan belajar v
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2012 10:11
Last Modified: 05 Mar 2012 11:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17187

Actions (login required)

View Item View Item