Widyawati, Titik (2007) Pendidikan Islam Pada Anak TPA ( Studi Kasus di TPA Al-Ikhlas Desa Dawung Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf Download (66kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf Download (29kB) |
Abstract
Anak merupakan amanah di tangan kedua orang tuanya yang harus dijaga. Dengan kata lain, anak dititipkan di tengah keluarganya selama beberapa waktu. Untuk itu, kedua orang tua mereka memikul tanggung jawab yang terbesar terhadap perilaku anak-anak mereka. Selain itu, orang tua juga memegang tanggung jawab utama untuk mendidik, mempersiapkan, membudayakan dan mengarahkan anak-anak mereka kepada jalan yang dicintai serta diridhoi oleh Allah SWT. Tanggung jawab itu akan membawa hasil yang penting bagi mereka di dunia dan juga kelak di akhirat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan subyek yang terlibat langsung dalam pelaksanaan pendidikan Islam. Pengadaan pendidikan Islam pada anak TPA di desa Dawung sangat memungkinkan untuk memberikan bantuan baik berupa pendidikan maupun bimbingan sehingga anakanak dapat memperoleh bekal untuk kehidupannya di masa depan. Masalah yang ingin diteliti adalah mengenai tujuan pendidikan Islam, pelaksanaan pendidikan Islam, faktor pendukung dan penghambat pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan pendidikan Islam, pelaksanaan pendidikan Islam, faktor pendukung dan penghambat pendidikan Islam. Manfaat penelitian ini untuk memberikan masukan, sumbangan pemikiran dan sebagai bahan pertimbangan tentang pendidikan Islam pada anak TPA di desa Dawung. Metode pengumpulan data dengan interview/ wawancara, observasi/ pengamatan dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu setelah data terkumpul maka dilakukan reduksi data. Setelah data direduksi maka disajikan dalam bentuk narasi, kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Tujuan diselenggarakannya pendidikan Islam pada anak TPA di desa Dawung yaitu untuk memberikan bekal pengetahuan agama Islam kepada anak-anak agar kelak menjadi generasi penerus yang cerdas, berakhlak mulia dan berguna bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Mengenai pelaksanaan pendidikan Islam pada anak TPA di desa Dawung telah berjalan cukup baik. Faktor pendukung pendidikan Islam pada anak TPA di desa Dawung yaitu usaha yang serius dari pihak ustadz dan pengurus dalam pendidikan dan pembinaan anakanak, dukungan dari masyarakat desa Dawung dan peran sertanya dalam penyelenggaraan pendidikan Islam dan keinginan anak-anak sendiri untuk belajar di TPA. Sedangkan faktor penghambat pendidikan Islam pada anak TPA di desa Dawung yaitu kelalaian anak-anak, kesehatan anak-anak dan keterbatasan waktu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TPA, pendidikan anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Mar 2012 07:40 |
Last Modified: | 05 Mar 2012 07:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17175 |
Actions (login required)
View Item |