INAYAH, IIN (2007) Pelaksanaan Pendidikan Islam Luar Sekolah Bagi Anak Asuh di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf Download (398kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_I.pdf Download (156kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (78kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
Abstract
Anak adalah titipan dari Allah yang harus dijaga, dipelihara dan diberikan pendidikan. Anak merupakan harapan orang tua untuk meneruskan cita-cita dan perjuangan dimasa depan. Mereka diharapkan dapat memiliki kemampuan yang baik untuk menghadapi tantangan jaman yang semakin menuntut manusia untuk bersaing dalam segala bidang kehidupan. Begitu juga dengan anak asuh (anak yatim, anak piatu, anak yatim piatu dan anak duafa) yang sudah tidak mempunyai orang tua maupun orang tak mampu. Anak-anak asuh tersebut sangat membutuhkan perhatian, bimbingan dukungan, pendidikan dan dukungan dari orang-orang sekitarnya agar dapat mempunyai bekal yang cukup sehingga mereka dapat hidup sebagaimana layaknya dan dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain. Keberadaan Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Karanganyar sangat memungkinkan untuk memberikan bantuan, baik berupa Pendidikan Islam, ketrampilan maupun bimbingan sehingga anak asuh dapat memperoleh bekal untuk kehidupannya di masa depan. Masalah yang ingin diteliti adalah mengenai tujuan Pendidikan Islam Luar Sekolah, Pelaksanaan Pendidikan Islam Luar Sekolah dan Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pelaksanaan Pendidikan Islam Luar Sekolah. Sedangkan yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan, pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat dalam Pelaksanaan Pendidikan Islam Luar Sekolah di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Karanganyar. Dalam skripsi ini penulis melakukan jenis penelitian lapangan, serta subjek dalam penelitian ini adalah pengurus, pengasuh, dan anak asuh di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Karanganyar. metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Analisis data dengan metode deskriptif kualitatif dengan cara berfikir deduktif dan induktif. Dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa tujuan pendidikan Islam luar sekolah adalah memberikan bekal kepada anak asuh baik berupa pembinaan akhlak dan ketrampilan agar kelak anak-anak asuh tersebut dapat hidup mandiri dan bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat. Mengenai pelaksanaan sudah cukup lancar terlihat dari keteraturan pelaksanaan jadwal kegiatan sehari-hari dan keaktifan anak-anak asuh dalam mengikuti kegiatan. Sedangkan faktor pendukung pendidikan Islam Luar Sekolah di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Karanganyar cukup memadai di antaranya keseriusan pengasuh dan pengurus dalam mengelola panti asuhan, peran serta masyarakat sekitar dan pemerintah, letak geografis panti yang sangat strategis sehingga menimbulkan kenyamanan dan ekstrakulikuler yang bersifat wiraswasta. Faktor-faktor penghambat diantaranya ada anak asuh yang tidak aktif dalam mengikuti pelajaran, kurangnya sumber daya pengasuh dan kurangnya dana untuk menjadikan anak asuh seluruhnya kuliah dan terbatasnya waktu untuk pelaksanaan pendidikan di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Karanganyar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam Luar Sekolah, Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Mar 2012 07:25 |
Last Modified: | 05 Mar 2012 07:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17174 |
Actions (login required)
View Item |