Sikap Guru Dalam Mengajar dan Minat Belajar Siswa di MAN 1 Salatiga Kelas II Tahun Ajaran 2006/2007

SULASTRI, SRI (2007) Sikap Guru Dalam Mengajar dan Minat Belajar Siswa di MAN 1 Salatiga Kelas II Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses untuk mendewasakan siswa. Dalam hal ini guru sangat dibutuhkan untuk membimbing siswa, dalam membimbing siswa kesabaran sangat dibutuhkan bagi seorang guru. Guru dalam mengajar kedisiplinan sangat dibutuhkan karena dalam proses belajar mengajar guru adalah orang yang digugu dan ditiru ole h anak didiknya. Maka guru diharapkan bisa memberi contoh yang baik terhadap anak didiknya. Sehingga terjadi proses belajar mengajar seperti yang diharapkan. Seorang guru yang mempunyai sikap yang baik atau cara mengajar yang baik dapat berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Minat belajar adalah kecenderungan hati dari individu untuk menentukan sikap didalam dorongannya untuk beraktivitas yang menyebabkan seseorang berbuat atau mengerjakan sesuatu. Berdasarkan uraian diatas, maka peneliti mengadakan pene litian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap guru dalam mengajar dan minat belajar siswa. Sedang tujuan dari skripsi ini adalah memberi solusi pada guru sipaya dapat menumbuhkan kemauan belajar siswa serta mampu meningkatkan prestasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan populasinya aalah guru kelas 2 yang berjumlah 5 orang dan siswa berjumlah 10 siswa. Sedang sampelnya adalah guru dan siswa kelas 2 serta teknik sampling yang digunakan adalah purpose sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif yang berarti proses mengorganisasikan fakta atau hasil-hasil pengamatan yang terpisah menjadi suatu rangkaian, kemudian dideskripsikan dan dianalisis. Akhirnya penulis menyimpulkan bahwa, guru MAN 1 Salatiga dalam mengajar sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari cara guru mengajar, walaupun masih ada yang kurang optimal, akan tetapi proses belajar mengajar berlangsung dengan baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sikap guru, minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Mar 2012 07:15
Last Modified: 05 Mar 2012 07:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17173

Actions (login required)

View Item View Item