ITALIANI , FANY (2012) Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Prestasi Belajar Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas Xi Jurusan Akuntansi Smk N 1 Purwodadi Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (184kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (932kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh kemandirian belajar terhadap minat berwirausaha. 2) Pengaruh prestasi belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. 3) Pengaruh kemandirian belajar dan prestasi belajar kewirausahaan secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI jurusan akuntansi SMK N 1 Purwodadi yang berjumlah 110 orang. Sampel diambil sebanyak 55 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket yang telah diuji cobakan terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji t, uji F, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi : Y = -7,790 + 0,563X1 + 0,309X2 . Persamaan menunjukkan bahwa minat berwirausaha dipengaruhi oleh adanya kemandirian belajar dan prestasi belajar kewirausahaan. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha. Berdasar uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,875 > 2,007 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Prestasi belajar kewirausahaan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha. Berdasar uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,380 > 2,007 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,021. 3) Kemandirian belajar dan prestasi belajar kewirausahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Berdasar uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 35,562 >3,175 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Koefisien determinasi atau R2 adalah 0,556. 5) Variabel kemandirian belajar memberikan sumbangan efektif 35,57%. Variabel prestasi belajar kewirausahan memberikan sumbangan efektif 20,03%. Sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 55,6%. Sedangkan sisanya 44,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian belajar, prestasi belajar kewirausahaan dan minat berwirausaha |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 01 Mar 2012 10:49 |
Last Modified: | 01 Mar 2012 10:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17137 |
Actions (login required)
View Item |