Wijayanti, Eni (2012) pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X SMK N I Banyudono TAhun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (170kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
|
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Download (147kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 1 Banyudono tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 65 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 62,333 + 0,203X1 + 0,177X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,535 > 1,999 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,014 dengan sumbangan efektif sebesar 16,95%; 2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,354 > 1,999 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,022, dengan sumbangan efektif sebesar 15,64%; 3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 15,023 > 3,145 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,326. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,326 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 32,6%, sedangkan 67,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 Mar 2012 07:13 |
Last Modified: | 01 Mar 2012 07:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17129 |
Actions (login required)
View Item |