Cahyani, Wiwin (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pondok 03 Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (701kB) |
|
|
PDF (Bab.I)
03._BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
||
|
PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf Download (18kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas V SD Negeri Pondok 03 Nguter kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012 .Untuk mencapai tujuan pembelajaran di atas, penelitian ini dilakukan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaborasi dengan guru kelas, mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Dalam melaksanakan tindakan digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah panduan pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran, kriteria penilaian bahasa Indonesia, panduan wawancara dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sedangkan data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil kemampuan menulis karangan diskripsi mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas V SDN Pondok 03 Nguter Kabupaten Sukoharjo. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi yang sebelumya nilai ratarata siswa hanya 64,11 (64%). Pada siklus I nilai rata-ratanya menjadi 67,0 (67%). Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 78,33 (78%). Pada penelitian ini ketuntasan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi juga mengalami peningkatan, yang sebelumnya hanya 40% atau 7 siswa yang mendapat nilai diatas KKM yaitu 71. Pada siklus I menjadi 67% atau 12 siswa yang mendapat nilai diatas KKM, dan pada siklus II menjadi 89% atau 16 siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Pondok 03 Nguter Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012 dilihat dari nilai rata-rata yang meningkat dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi meningkat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis karangan deskripsi, media pembelajaran gambar seri, SD. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 29 Feb 2012 10:32 |
Last Modified: | 29 Feb 2012 10:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17112 |
Actions (login required)
View Item |