Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Role Playing pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di SD Negeri 01 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Setyawati, Rini (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Role Playing pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di SD Negeri 01 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (196kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V_rini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode role playing dapat PENINGKATAN keterampilan berbicara pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 01 Malanggaten Kebakkramat Karanganyar tahun ajaran 2011 / 2012 Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Malanggaten yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Malanggaten. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dilakukan secara deskripsi kualitatif Prosedur tindakan kelas ditempuh 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator pencapaian penelitian ini ditandai dengan peningkatan ketrampilan berbicara kelas V pada pelajaran Bahasa Indonesia > 65 mencapai 80% khususnya dalam penerapan role playing dalam PENINGKATAN ketrampilan berbicara pada pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan ketrampilan berbicara menggunakan metode role playing sebelum tindakan hasil yang dicapai 60, pada pelaksanaan tindakan siklus I, hasil yang dicapai dalam pelaksanaan metode role playing pada siswa Kelas V adalah 71,25 kemudian meningkat menjadi 80 pada pelaksanaan Siklus II. Terkait dengan penggunaan metode role playing, disampaikan saran sekolah perlu mensosialiasikan metode role playing untuk PENINGKATAN keterampilan berbicara.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, bahasa indonesia, metode role playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Feb 2012 06:21
Last Modified: 29 Feb 2012 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17099

Actions (login required)

View Item View Item