Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Model Cooperative Learning Teknik Keliling Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sugihan IV Tahun 2011/2012

Novalia, Mediana Marta (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Model Cooperative Learning Teknik Keliling Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sugihan IV Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Sugihan IV tahun 2011/2012 melalui penerapan model Cooperative Learning Teknik Keliling Kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah guru, peneliti dan siswa. Peneliti dibantu guru sebagai subyek pelaku tindakan penelitian, sedangkan siswa kelas V SD Negeri Sugihan IV yang berjumlah 27 anak sebagai subyek penerima tindakan. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V. Peningkatan hasil belajar ini ditandai dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan dari prasiklus, siklus I hingga siklus II. Pada prasiklus jumlah siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 44,44% dari jumlah siswa kelas V, meningkat 22,22% pada siklus I menjadi 66,66%. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 85,18% atau meningkat 18,52% dari siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning Teknik Keliling Kelas dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Sugihan IV Tahun 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning Teknik Keliling Kelas, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Feb 2012 06:06
Last Modified: 29 Feb 2012 06:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17097

Actions (login required)

View Item View Item