Upaya Meningkatkan Ketrampilan Bahasa Melalui Metode Membaca AISM Kelas B Di PAUD “Puri Mandiri” Desa Margo Asri Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun pelajaran 2010/2012

Prihartini, Kurnia (2012) Upaya Meningkatkan Ketrampilan Bahasa Melalui Metode Membaca AISM Kelas B Di PAUD “Puri Mandiri” Desa Margo Asri Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun pelajaran 2010/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (358kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan bahasa melalui metode membaca AISM. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B di PAUD “Puri Mandiri” desa Margo Asri kecamatan Karangmalang tahun ajaran 2011 /2012, dan obyek penelitian ini adalah adalah ketrampilan bahasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data tentang penerapan metode AISM dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Sedangkan data mengenai ketrampilan bahasa anak dikumpulkan melalui observasi. Teknik anlisis data dalam menggunakan analisis komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan bahasa anak didik. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil ketrampilan bahasa anak sebelum perlakukan tindakan adalah 38,11%. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode membaca AISM pada siklus I hasil ketrampilan bahasa anak meningkat menjadi 63,44% pada siklus II hasil ketrampilan bahasa anak meningkat menjadi menjadi 71% dan pada siklus III meningkat menjadi 82%. Secara keseluruhan dengan penggunaan metode membaca AISM mampu meningkatkan ketrampilan bahasa anak kelas B di PAUD “Puri Mandiri” Desa Margo Asri kecamatan Karangmalang Sragen

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A520/2012-01
Uncontrolled Keywords: Metode Membaca AISM, Ketrampilan Bahasa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 Feb 2012 05:24
Last Modified: 22 Jun 2012 10:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17091

Actions (login required)

View Item View Item