Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui MOdel Pembelajaran Mind Map Pada Siswa Kelas IV SDN Pucangan 06 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukiharjo Tahun Ajaran 2011/2012

PRATIWI, SARWASTUTI NOVIA (2012) Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui MOdel Pembelajaran Mind Map Pada Siswa Kelas IV SDN Pucangan 06 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukiharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (120kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah hasil belajar IPS yang masih rendah. Dari 19 siswa hanya 5 orang siswa yang hasil belajarnya mencapai nilai KKM yang ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Pucangan 06 Kecamatan Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas SD Negeri Pucangan 06 sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas IV yang berjumlah 17 siswa sebagai subjek penerima tindakan.Teknik pengumpulan data digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Siklus I terjadi peningkatan 31, 5% ( dari 26, 31% menjadi 57, 89%), (2) Siklus II terjadi peningkatan 31, 5% ( dari 57, 89% menjadi 89, 47%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode mind map
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Feb 2012 11:17
Last Modified: 28 Feb 2012 11:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17085

Actions (login required)

View Item View Item