Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas V SD Negeri 04 Alastuwo Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun 2011/2012

Jailani, Muhamad Abdul Kadir (2012) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas V SD Negeri 04 Alastuwo Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02.Halaman_Depan.pdf

Download (292kB)
[img]
Preview
PDF (Bab )
03.BAB_I.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas V SDN 04 Alastuwo, Kebakkramat, Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 04 Alastuwo yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SDN 04 Alastuwo Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 52,10 dengan persentase ketuntasan sebesar 21,05%, siklus I nilai rata-rata kelas 62,89 dengan persentase ketuntasan sebesar 47,37%, siklus II nilai rata-rata kelas 80,94 dengan presentase ketuntasan sebesar 84,21%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT ) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 04 Alastuwo Kebakkramat, Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Numbered Head Together (NHT ), hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Feb 2012 11:06
Last Modified: 28 Feb 2012 11:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17084

Actions (login required)

View Item View Item