Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Pengelolaan Kelas Dan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemandirian Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Bagi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta TAHUN AJARAN 2011/2012

Pamularsih, Endang Tri (2011) Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Pengelolaan Kelas Dan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemandirian Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Bagi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan persepsi siswa mengenai pengelolaan kelas terhadap kemandirian belajar siswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual tehadap kemandirian belajar siswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan persepsi siswa mengenai pengelolaan kelas dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 surakarta tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 123 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 10,634 + 0,355X1 + 0,479X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil kemandirian belajar siswa dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai pengelolaan kelas dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa mengenai pengelolaan kelas terhadap kemandirian belajar pada mata pelajaran ekonomi bagi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 surakarta. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,070 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 13,4%; 2) Ada pengaruh yang signifikan partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual terhadap kemandirian belajar pada mata pelajaran ekonomi bagi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 surakarta. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,436 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 15,3%; 3) Ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa mengenai pengelolaan kelas dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 24,177 > 3,072 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,287. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,287 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi siswa mengenai pengelolaan kelas dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual terhadap kemandirian belajar siswa adalah sebesar 28,7%, sedangkan 71,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A210/2012-14
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa mengenai pengelolaan kelas, Partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual, Kemandirian belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 28 Feb 2012 09:49
Last Modified: 18 Jun 2012 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17075

Actions (login required)

View Item View Item