Kurniawati, Octavia (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran The Great Wind Blows Untuk MeningkatkanHhasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV SDN III Kopen Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (242kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV_aktif.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa strategi mengajar yang sesuai. Strategi the great wind blows sangat tepat dalam membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolabiratif antara peneliti dan guru kelas IV yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri III Kopen yang berjumlah 24 siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan test. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan menjawab hipotesis penelitian yaitu: strategi the great wind blows dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN III Kopen Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri. Dibuktikan dengan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dari hasil pembelajaran siklus I 70,9 % yang tuntas belajar sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 91,7 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi the great wind blows dapat meningkatkan hasil belajar PKn.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A510/2012-14 |
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar Pkn, strategi the great wind blows |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Feb 2012 06:51 |
Last Modified: | 25 Jun 2012 09:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17069 |
Actions (login required)
View Item |