Penerapan Strategi Pembelajaran The Great Wind Blows Untuk MeningkatkanHhasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV SDN III Kopen Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri

Kurniawati, Octavia (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran The Great Wind Blows Untuk MeningkatkanHhasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV SDN III Kopen Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (242kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV_aktif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa strategi mengajar yang sesuai. Strategi the great wind blows sangat tepat dalam membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut menarik untuk dikaji dalam bentuk penelitian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolabiratif antara peneliti dan guru kelas IV yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri III Kopen yang berjumlah 24 siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan test. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan menjawab hipotesis penelitian yaitu: strategi the great wind blows dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN III Kopen Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri. Dibuktikan dengan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dari hasil pembelajaran siklus I 70,9 % yang tuntas belajar sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 91,7 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi the great wind blows dapat meningkatkan hasil belajar PKn.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-14
Uncontrolled Keywords: hasil belajar Pkn, strategi the great wind blows
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Feb 2012 06:51
Last Modified: 25 Jun 2012 09:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17069

Actions (login required)

View Item View Item