Kuncoro,, Arlandi Dwi (2012) Strategi Mengajar Guru Berdasarkan Modalitas Belajar siswa Kelas V Pelajaran IPA di SDN Karangasem 2 Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas mUhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf Download (79kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (67kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
Abstract
Kebanyakan guru mengajar tanpa menyesuaikan setiap karakteristik masing-masing siswa. Setiap siswa mempunyai karakteristik yang berbeda. Perbedaan karakteristik tersebut mencakup perbedaan kecenderungan modalitas belajar pada siswa. Ketepatan penggunaan strategi mengajar yang dipilih oleh seorang guru akan mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran, jika metode yang dipilih sesuai dengan kecenderungan modalitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi mengajar guru berdasarkan modalitas belajar siswa kelas V pelajaran IPA di SDN Karangasem 2 Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangasem 2 Kabupaten Sragen. Subyek dari penelitian ini adalah guru kelas V, didukung oleh kepala sekolah dan siswa. Untuk pengumpulan data digunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data digunakan adalah triangulasi teknik sumber. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi mengajar guru berdasarkan modalitas belajar siswa sangat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dengan modalitas belajar siswa yang berbeda-beda yaitu visual, auditorial dan kinestetik, maka guru harus pandai mengkombinasikan metode-metode pembelajaran yang sesuai dengan modalitas belajar siswa tersebut. Penggunaan metode pembelajaran yang disesuaikan dengen modalitas belajar siswa akan sangat berpengaruh pada pencapaian evaluasi hasil belajar yang maksimal pada pelajaran IPA.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi mengajar guru, modalitas belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Feb 2012 06:27 |
Last Modified: | 28 Feb 2012 06:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17066 |
Actions (login required)
View Item |