Strategi Mengajar Guru Berdasarkan Modalitas Belajar siswa Kelas V Pelajaran IPA di SDN Karangasem 2 Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012

Kuncoro,, Arlandi Dwi (2012) Strategi Mengajar Guru Berdasarkan Modalitas Belajar siswa Kelas V Pelajaran IPA di SDN Karangasem 2 Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas mUhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)

Abstract

Kebanyakan guru mengajar tanpa menyesuaikan setiap karakteristik masing-masing siswa. Setiap siswa mempunyai karakteristik yang berbeda. Perbedaan karakteristik tersebut mencakup perbedaan kecenderungan modalitas belajar pada siswa. Ketepatan penggunaan strategi mengajar yang dipilih oleh seorang guru akan mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran, jika metode yang dipilih sesuai dengan kecenderungan modalitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi mengajar guru berdasarkan modalitas belajar siswa kelas V pelajaran IPA di SDN Karangasem 2 Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangasem 2 Kabupaten Sragen. Subyek dari penelitian ini adalah guru kelas V, didukung oleh kepala sekolah dan siswa. Untuk pengumpulan data digunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data digunakan adalah triangulasi teknik sumber. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi mengajar guru berdasarkan modalitas belajar siswa sangat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dengan modalitas belajar siswa yang berbeda-beda yaitu visual, auditorial dan kinestetik, maka guru harus pandai mengkombinasikan metode-metode pembelajaran yang sesuai dengan modalitas belajar siswa tersebut. Penggunaan metode pembelajaran yang disesuaikan dengen modalitas belajar siswa akan sangat berpengaruh pada pencapaian evaluasi hasil belajar yang maksimal pada pelajaran IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi mengajar guru, modalitas belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Feb 2012 06:27
Last Modified: 28 Feb 2012 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17066

Actions (login required)

View Item View Item