Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Superitem Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngadirejo I Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012

Yuswanti, Rina (2011) Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Superitem Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngadirejo I Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (323kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
03._BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penulisan skripsi ini karena banyak siswa kelas IV SD Negeri Ngadirejo 1 yang mendapat nilai di bawah KKM pada mata pelajaran Matematika. Selain itu, banyak siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Ngadirejo 1 Kecamatan Kartasura. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode interaktif. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament dengan superitem dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N Ngadirejo 1 Kartasura berupa peningkatan prosentase siswa yang mampu mencapai KKM. Berdasarkan data awal menunjukkan bahwa hanya ada 21 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 46,67%, guru menerapkan metode pembelajaran Teams Games Tournament dengans superitem untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi pengelolaan pembelajaran matematika dengan menerapkan metode pembelajaran Teams Games Tournament dengan superitem diperoleh data bahwa pada siklus I pertemuan 1 ada 25 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 55,56%, dan siklus I pertemuan 2 ada 35 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 77,78%. Sedangkan setelah diadakan perbaikan pada siklus II pertemuan 1 ada 39 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 86,67%, dan siklus II pertemuan 2 ada 41 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 91,11%. Jadi penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament dengan superitem dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pembelajaran matematika, metode teams games tournament dan superitem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Feb 2012 04:04
Last Modified: 28 Feb 2012 04:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17061

Actions (login required)

View Item View Item