Penerapan Metode Think Pairs Share Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 01 Bolong Kecamatan Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011

Rahmawati, Pipit (2012) Penerapan Metode Think Pairs Share Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 01 Bolong Kecamatan Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan metode Think Pairs Share dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 01 Bolong kecamatan Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas bersifat kolaboratif, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas V. Subyek penelitian adalah peneliti sebagai pelaku tindakan kelas dan siswa kelas V SD Negeri 01 Bolong, kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan prestasi hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 01 Bolong kecamatan Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011 terbukti dapat meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 65% dan meningkat pada siklus II sebesar 90% dan memenuhi indikator pencapaian yaitu sekurang-kurangnya ketuntasan belajar siswa mencapai 85%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: think pairs share, hasil belajar siswa, metode pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Feb 2012 05:25
Last Modified: 28 Feb 2012 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17060

Actions (login required)

View Item View Item