Silowati, Rara Yuni (2012) Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Mengajukan Pertanyaan Pada pembelajaran PKn Materi Organisasi Melalui Penerapan Metode The Learning Cell Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 04 Kuto Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf Download (161kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (3kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) tingkat kreativitas siswa dalam mengajukan pertanyaan pada mata pelajaran PKn materi Organisasi melalui penerapan metode The Learning Cell pada siswa kelas V sd Negeri 04 Kuto, dan (2) besarnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Organisasi melalui penerapan metode The Learning Cell pada siswa kelas V SD Negeri 04 Kuto tahun pelajaran 2010/2011. Ditinjau dari jenisnya penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Kuto yang berjumlah 13 siswa dan guru kelas V. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis interaktifyang terdiri dari 4 komponen yang mencakup pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : (1) Penerapan metode The Learning Cell dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mengajukan pertanyaan pada pelajaran PKn materi Organisasi bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto tahun pelajaran 2010/2011 yang ditunjukkan dari capaian nilai siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya. (2) Peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 04 Kuto Kecamatan Kerjo cukup signifikan. Hal tersebut dibuktikan karena siswa lebih aktif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dan kreatif dalam mengikuti proses belajar di dalam kelas serta hasil belajarnya meningkat. Hal tersebut dimungkinkan karena penerapan metode The Learning Cell lebih sistematis, dan mudah dipahami. Saran yang dapat dikemukakan berdasarkan hasil penelitian di atas adalah: (1) Guru hendaknya selalu menggunakan berbagai metode pembelajaran dalam proses pengajaran secara tepat dan bervariasi agar siswa lebih aktif dan bersemangat dalam belajar, dan (2) selalu berusaha agar metode yang diterapkan dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A510/2012-25 |
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, pertanyaan, PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Feb 2012 10:40 |
Last Modified: | 25 Jun 2012 10:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17054 |
Actions (login required)
View Item |