Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Mengajukan Pertanyaan Pada pembelajaran PKn Materi Organisasi Melalui Penerapan Metode The Learning Cell Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 04 Kuto Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011

Silowati, Rara Yuni (2012) Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Mengajukan Pertanyaan Pada pembelajaran PKn Materi Organisasi Melalui Penerapan Metode The Learning Cell Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 04 Kuto Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (3kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) tingkat kreativitas siswa dalam mengajukan pertanyaan pada mata pelajaran PKn materi Organisasi melalui penerapan metode The Learning Cell pada siswa kelas V sd Negeri 04 Kuto, dan (2) besarnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Organisasi melalui penerapan metode The Learning Cell pada siswa kelas V SD Negeri 04 Kuto tahun pelajaran 2010/2011. Ditinjau dari jenisnya penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Kuto yang berjumlah 13 siswa dan guru kelas V. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis interaktifyang terdiri dari 4 komponen yang mencakup pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : (1) Penerapan metode The Learning Cell dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mengajukan pertanyaan pada pelajaran PKn materi Organisasi bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto tahun pelajaran 2010/2011 yang ditunjukkan dari capaian nilai siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya. (2) Peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 04 Kuto Kecamatan Kerjo cukup signifikan. Hal tersebut dibuktikan karena siswa lebih aktif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dan kreatif dalam mengikuti proses belajar di dalam kelas serta hasil belajarnya meningkat. Hal tersebut dimungkinkan karena penerapan metode The Learning Cell lebih sistematis, dan mudah dipahami. Saran yang dapat dikemukakan berdasarkan hasil penelitian di atas adalah: (1) Guru hendaknya selalu menggunakan berbagai metode pembelajaran dalam proses pengajaran secara tepat dan bervariasi agar siswa lebih aktif dan bersemangat dalam belajar, dan (2) selalu berusaha agar metode yang diterapkan dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-25
Uncontrolled Keywords: kreativitas, pertanyaan, PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Feb 2012 10:40
Last Modified: 25 Jun 2012 10:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17054

Actions (login required)

View Item View Item