Utaminingsih, Murni (2012) Peningkatan Pemahaman dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada Pembelajaran IPA Materi kelas V SDN 01 Nglegok Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf Download (40kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode jigsaw pada siswa kelas V SDN 01 Nglegok, (2) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru dala menerapkan metode jigsaw, (3) Untuk meningkatkan keaktifan siswa di dalam mengikuti pembelajaran IPA. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas V sdn 01 Nglegok yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi dan tes. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai tida buah komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Adanya peningkatan pemahaman dan hasil belajar IPA kelas V dengan menerapkan metode jigsaw terbukti rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan 67,75, pada siklus I 73,25, dan pada siklus II naik menjadi 77,75. (2) Ada beberapa hambatan yang dihadapi guru dalam menerapkan metode jigsaw salah satunya yaitu dalam penerapan metode jigsaw memerlukan waktu yang banyak. (3) Adanya peningkatan keaktifan siswa di dalam mengikuti pelajaran, hal ini terbukti rata-rata siswa yang aktif pra tindakan 35%, pada siklus I menjadi 60%, dan pada siklus II meningkat menjadi 80%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Pemahaman dan Hasil Belajar, Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Feb 2012 10:26 |
Last Modified: | 27 Feb 2012 10:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17052 |
Actions (login required)
View Item |