PURWANTININGSIH, ENDAH (2012) Peningkatan Ketrampilan Menulis Puisi dengan Teknik Modelling Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 01 di Kalijirak Kec. Tasikmadu Kab. Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf Download (46kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III....pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_V,.pdf Restricted to Repository staff only Download (5kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V,.pdf Restricted to Repository staff only Download (5kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
dafpus.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1_skrips.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 01 Kalijirak Kec. Tasikmadu Kab. Karanganyar dengan teknik modelling. Peningkatan dilaksanakan secara proses dan produk dengan menerapkan teknik modelling dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri 01 Kalijirak Kec. Tasikmadu Kab. Karanganyar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang terdiri dari empat komponen dari setiap siklusnya yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi reflecting). Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dengan guru dan siswa, tes menulis puisi, dokumentasi. Kemudian data dari hasil penilaian keterampilan menulis puisi siswa dianalisis secara deskripsi kualitatif yang meliputi analisis data proses dan data akhir. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik modelling di SD Negeri 01 Kalijirak Kec. Tasikmadu Kab. Karanganyar dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Wujud dari peningkatan tersebut adalah: 1) mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis puisi, 2) mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Selain itu, peningkatan secara kuantitas terlihat dari hasil skor rata-rata tes menulis puisi siswa dari tahap pratindakan hingga pada tes akhir tindakan siklus II mengalami peningkatan secara signifikan. Skor rata-rata sebelum dikenai tindakan (pratindakan) siswa adalah 65,0 kemudian setelah diberi tindakan siklus I meningkat sebesar 68,0, dan begitu juga ketika diberi tindakan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 72,0. Berdasarkan uraian di atas, selanjutnya dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik modelling dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 01 Kalijirak Kec. Tasikmadu Kab. Karanganyar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis, Puisi, Teknik Modelling. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Feb 2012 09:50 |
Last Modified: | 27 Feb 2012 09:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17046 |
Actions (login required)
View Item |