Widiarsih, Linda (2012) Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Peraturan Pusat dan Daerah Melalui Penerapan Metode Cooperative Script pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Wonolopo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karangnyar Tahun 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (77kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode cooperative script pada materi Peraturan Pusat dan Daerah siswa kelas V SD Negeri 01 Wonolopo kecamatan Tasikmadu kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Indikator pencapaian yang akan dicapai adalah ketuntasan belajar siswa mencapai sekurang-kurangnya 85%. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data hasil belajar PKn siswa diperoleh data persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 72%, hasil tersebut belum memenuhi indikator pencapaian yang diharapkan sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa mencapai hasil optimal yaitu sebesar 92%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II, dan mencapai hasil optimal pada siklus II dengan hasil 92% siswa dapat memenuhi nilai KKM (70). Hal ini telah memenuhi indikator pencapaian yang ditentukan yaitu ketuntasan belajar siswa sekurang-kurangnya mencapai persentase 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Peraturan Pusat dan Daerah siswa kelas V SD Negeri 01 Wonolopo kecamatan Tasikmadu kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cooperative script, hasil belajar siswa, peraturan pusat dan daerah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Feb 2012 07:58 |
Last Modified: | 27 Feb 2012 07:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17045 |
Actions (login required)
View Item |