Peningkatan Hasil Belajar Matematika dalam Materi Pecahan dengan Menggunakan Media Blok Pecahan (PTK Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Ngadirejo Tahun 2011/2012)

Tarwiyah, Siti (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika dalam Materi Pecahan dengan Menggunakan Media Blok Pecahan (PTK Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Ngadirejo Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
DEPAN_COVER.pdf

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LMPR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan dengan menggunakan media blok pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngadirejo kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan entuk penelitian PTK. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngadirejo tahun pelajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara, observasi, test dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknis analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran Matematika tentang pecahan pada pembelajaran kondisi awal / pra siklus dari jumlah 20 siswa, hanya 11 siswa yang tuntas atau sekitar 55% masih tersisa 9 siswa atau 45 % yang belum tuntas. Pada siklus I diketahui bahwa dari 20 siswa yang mencapai ketuntasan dari indikator KKM sebanyak 14 siswa atau 70% dan yang belum tuntas sebanyak 6 siswa 30 %. Pada siklus II telah mencapai ketuntasan 18 siswa atau 90% dan yang belum tuntas tinggal 2 siswa atau 10%, yang berarti taraf ketuntasan siswa dalam satu kelas telah mencapai di atas indikator pencapaian 80%. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat kesimpulan bahwa melalui penggunaan media blok pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam materi pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngadirejo tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media Blok pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Feb 2012 07:16
Last Modified: 27 Feb 2012 07:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17044

Actions (login required)

View Item View Item