Yuliyanti., Endang (2011) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPS Melalui Strategi Deep Dialogue SD Negeri 01 Gondangmanis Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammaadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (118kB) |
|
|
PDF (Bab.1)
BAB_I.pdf Download (104kB) |
|
PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (877kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi Deep dialogue pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 01 Gondangmanis tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kolaboratif, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas V. Subyek penelitian adalah guru kelas V dan siswa kelas V SD Negeri 01 Gondangmanis. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan beberapa siklus pembelajaran. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Negeri 01 Gondangmanis melalui penerapan strategi Deep dialogue. Hasil penelitian membuktikan bahwa motivasi dan hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Negeri 01 Gondangmanis tahun pelajaran 2010/2011 meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 55%, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 65% dan meningkat pada siklus II sebesar 90%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | deep dialogue, hasil belajar siswa, strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 24 Feb 2012 09:53 |
Last Modified: | 24 Feb 2012 09:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17035 |
Actions (login required)
View Item |