Sukarti, Sukarti (2012) Penggunaan Alat Peraga Permainan Bekel dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Faktor dan Persekutuan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (131kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (68kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Faktor dan Persekutuan melalui pembelajaran menggunakan alat peraga permainan bekel pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Gondangmanis tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas bersifat kolaboratif, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas VI. Subyek penelitian adalah peneliti sebagai pelaku tindakan kelas dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Gondangmanis, Kabupaten Karanganyar. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari beberapa siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika materi Faktor dan Persekutuan melalui pembelajaran menggunakan alat peraga permainan bekel pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Gondangmanis tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini terbukti dapat meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 65% dan meningkat serta mencapai hasil optimal pada penelitian siklus II dengan persentase 90%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | alat peraga, hasil belajar siswa, permainan bekel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Feb 2012 06:37 |
Last Modified: | 23 Feb 2012 06:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17028 |
Actions (login required)
View Item |