Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education dengan Media Red and White Sticks pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Jatimulyo, Jatipuro, Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011

Karni, Anik (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education dengan Media Red and White Sticks pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Jatimulyo, Jatipuro, Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika materi penjumlahan bilangan bulat melalui pendekatan Realistic Mathematics Education dengan media Red and White Sticks pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatimulyo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatimulyo, Jatipuro, Karanganyar yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kondisi awal siswa sebesar 57,24 dengan ketuntasan klasikal mencapai 58,62%. Siklus I diketahui nilai rata-rata 61,39 dengan ketuntasan klasikal 68,97%, siklus II nilai rata-rata 72,76 dengan ketuntasan klasikal 75,86%, dan siklus III nilai rata-rata 81,38 dengan ketuntasan klasikal 89,66%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan media Red and White Sticks dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatimulyo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, pendekatan Realistic Mathematics Education dengan media Red and White Sticks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Feb 2012 06:30
Last Modified: 23 Feb 2012 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17027

Actions (login required)

View Item View Item