Santoso, Fitria Dwi (2012) Pengaruh Kemampuan Kognitif Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Semester II Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Jatipuro Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (236kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh Kemampuan Kognitif terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia semester II siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatipuro Tahun 2010/2011, (2) Mengetahui pengaruh Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia semester II siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatipuro Tahun Pelajaran 2010/2011, dan (3) Mengetahui pengaruh Kemampuan Kognitif dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia semester II siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatipuro Tahun 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan Kognitif siswa dalam kategori tinggi (71,72%), Motivasi Belajar siswa dalam kategori rendah (58,68%), dan prestasi belajar siswa dalam kategori cukup (78,93). Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi Ŷ= 0,409X1 + 0,351X2 + 60,857. Uji keberartian persamaan regresi secara parsial untuk Kemampuan Kognitif diperoleh hitungt= 4,187 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 dan besarnya 1= + 0,409, yang berarti bahwa Kemampuan Kognitif berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Bhs. Indonesia, untuk Motivasi Belajar diperoleh hitungt= 5,653 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 dan besarnya 2= + 0,351, yang berarti bahwa Motivasi Belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Sedangkan secara simultan diperoleh 1= + 0,409, 2= + 0,351, dan hitungF= 71,532 dengan probabilitas 0,000 < 0,05, menunjukkan bahwa Kemampuan Kognitif dan Motivasi Belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Bhs.Indonesia. Besarnya sumbangan relatif X1 dan X2 tehadap Y masing-masing adalah 32,22% dan 67,78%. Besarnya sumbangan efektif Kemampuan Kognitif dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia mencapai 84,6%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Kognitif, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Bhs.Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Feb 2012 06:12 |
Last Modified: | 23 Feb 2012 06:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17026 |
Actions (login required)
View Item |