Suyati, Suyati (2012) Penerapan Model Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia tentang Konsep Membaca Pemahaman Pada siswa Kelas IV SD negeri 01 Kwadingan Kecamatan Kerjo Tahun 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER_DEPAN_JADI.pdf Download (120kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang konsep membaca pemahaman melalui penerapan model Team Games Tournament pada siswa kelas IV SDN 01 Kwadungan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 01 Kwadungan Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, teknik tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I siswa yang tuntas mencapai KKM yang ditetapkan adalah sebanyak 11 siswa atau 55%, sedangkan yang belum tuntas adalah 9 siswa atau 45 %. Pada siklus II mengalami peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan materi yakni 15 siswa atau 75 %, sedangkan yang belum tuntas adalah menurun tinggal 5 siswa atau 25%. Sedangkan kondisi siklus III dapat tercapai ketuntasan, yakni dari 20 siswa 18 anak dapat tuntas sedangkan yang belum tuntas adalah 2 siswa atau10 %. Jadsi pada siklus III indicator pencapaian telah tercapai di atas 85 % yakni sebesar 90 % siswa mencapai ketuntasan. Oleh karena itu pada pembelajaran hanya sampai pada siklus III. Jadi dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang dirumuskan yakni ” Penerapan model Team Games Tournament untuk meningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang konsep membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN 01 Kwadungan” dapat terjawab.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penerapan model Teams Games Tournament, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Feb 2012 06:03 |
Last Modified: | 23 Feb 2012 06:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17025 |
Actions (login required)
View Item |