Al Hasyir, Abdul (2011) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas X SMA Widya Wiyata Semarang Tahun Ajaran 2010 – 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf Download (95kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_1.pdf Download (18kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (5kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (6kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
Abstract
Salah satu strategi pembelajaran pada mata pelajaran matematika yang dimungkinkan dan diharapkan dapat meningkatkan minat peserta didik untuk mempelajari matematika adalah pengembangan penggunaan media pembelajaran berupa alat peraga yang relevan. Melalui teknik pengembangan penggunaan perangkat media pembelajaran tersebut diharapkan dan dimungkingkan materi pelajaran matematika yang diterima peserta didik menjadi semakin menarik, lebih kongkrit, sehingga dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, lingkup pengamatan dan pemahaman peserta didik menjadi semakin terfokus. Tujuan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berupa alat peraga terhadap prestasi belajar bagi peserta didik serta untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam mengembangkan ide-ide pengajaran dengan menggunakan alat peraga Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh penggunaan alat peraga dalam pembelajaran Matematika terhadap prestasi siswa Kelas X SMA Widya Wiyata Semarang Tahun Ajaran 2010/2011 Penelitian ini merupakan jenis penelitian ekperimen, karena penelitian ini sengaja dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari variabel model pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dengan tanpa menggunakan alat peraga, sedangkan sampel yang diambil adalah 2 kelas dari siswa kelas X SMA Widya Wiyata Semarang Tahun Ajaran 2010/2011 yang masing-masing sebagai kelas ekperimen sebanyak 37 siswa dan kelas kontrol sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan uji keseimbangan dan uji prasyarat dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan t test. Berdasarkan hasil penelitian, analisis dengan uji t diperoleh nilai thitung = 5,14, sedangkan < ttabel = 2,578, sehingga keputusan Uji Ho diterima dengan thitung > ttabel = 5,14 > 2,578, sehingga Keputusan Uji Ho ditolak dan Ha diterima . Hal ini mengandung arti bahwa terdapat perbedaan dan Hipotesis diterima.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | alat peraga, prestasi belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 22 Feb 2012 10:09 |
Last Modified: | 22 Feb 2012 10:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17010 |
Actions (login required)
View Item |