Rosyidah, Nikmah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW) Pada Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Mojowetan 2 Banjarejo Blora Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (200kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write (TTW). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Mojowetan 2 Banjarejo Blora yang berjumlah 24 siswa.Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Validitas data yang digunakan source dan alnalytical triangulation dan juga validitas isi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi KPK dan FPB. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 25% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 45,83% pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 83,3% pada siklus II. Selain hasil belajar, keaktifan siswa juga mengalami peningkatan yang dapat dilihat pada aspek: keaktifan mengerjakan soal di papan tulis 25% pada prasiklus, 33,3% pada siklus I, 75% pada siklus II. Keaktifan siswa mengerjakan soal – soal latihan: 29,2% prasiklus, 54,2%siklus I, 83,3% siklus II. Keaktifan siswa bertanya: 20,8% prasiklus, 37,5% siklus I, 75% siklus II. Keaktifan siswa menjawab pertanyaan: 12,5% prasiklus, 45,38% siklus I, 83,3% siklus II. Berkonsentrasi: 25% prasiklus, 37,5% siklus I, 79,2% siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika di SD Negeri Mojowetan 2 Banjarejo Blora tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think-Talk-Write (TTW), hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Feb 2012 07:27 |
Last Modified: | 22 Feb 2012 07:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17004 |
Actions (login required)
View Item |