Fitriana, Fitriana (2011) Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With A Question Dengan Menggunakan Lembar Kerja Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika (PTK Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (126kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 1 Kartasura melalui model LSQ dengan menggunakan lembar kerja siswa ( LKS ) pada materi bilangan bulat. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 1 Kartasura yang berjumlah 34 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini : terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang : a) antusias siswa dalam persiapan mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 8,82%, putaran I 23,52%, putaran II 44,11%, dan di akhir tindakan 73,52%, b) antusias siswa dalam menanggapi penjelasan guru sebelum tindakan 17,64%, putaran I 29,41%, putaran II 52,94%, dan di akhir tindakan 82,35%, c) antusias siswa dalam mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru sebelum tindakan 5,89%, putaran I 20,58%, putaran II 47,05%, dan di akhir tindakan 85,29%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model LSQ dengan menggunakan LKS dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar , LSQ, lembar kerja siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 22 Feb 2012 06:18 |
Last Modified: | 22 Feb 2012 06:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17002 |
Actions (login required)
View Item |