Hidayati, Septya Khusnul (2011) Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Metode Learning Start With A Question (LSQ) Dan Make-A Match Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Kemampuan Awal (Pada Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (138kB) |
|
|
PDF (BAB I)
03_BAB_1.pdf Download (31kB) |
|
PDF (BAB II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (BAB III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (BAB IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) |
||
PDF (BAB V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKApdf.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRANpdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Tujuan penelitian: (1) mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh penggunaan metode pembelajaran Learning Start With A Question dan Make-A Match terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) mendiskripsikan dan menganalis pengaruh prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa, (3) mendiskripsikan dan menganalisis adanya interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang dikenai metode Learning Start With A Question dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang dikenai metode Make-A Match. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji pasca anava dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil: (1) Ada pengaruh metode pembelajaran Learning Start With A Question dan Make-A Match terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan Fa=4,157 (2) Ada pengaruh prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa, dengan Fb=4,350 (3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan Fab=0,095. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa, sedangkan interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal siswa tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa khususnya pada pokok bahasan kubus dan balok.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Start With A Question, Make-A Match, Kemampuan Awal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 22 Feb 2012 05:12 |
Last Modified: | 22 Feb 2012 05:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16998 |
Actions (login required)
View Item |