Cristiana, Erlin (2011) Penggunaan Strategi Pembelajaran Go To Your Post (Bergerak Kearah Yang Dipilih) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 Weru Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (57kB) |
|
|
PDF (BAb.1)
03._BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang cocok bagi pembelajaran, salah satunya yaitu dengan penggunaan strategi pembelajaran Go To Your Post (bergerak kearah yang dipilih) pada pembelajaran Kewarganegaraan. Strategi pembelajaran Go To Your Post (bergerak kearah yang dipilih) merupakan strategi pembelajaran untuk menggabungkan gerakan fisik pada permulaan suatu pelajaran. Strategi ini cukup fleksibel untuk digunakan bagi berbagai macam kegiatan yang dirancang untuk merangsang minat awal dalam materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 Weru Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012 melalui penerapan strategi pembelajaran Go To Your Post (bergerak kearah yang dipilih) pada pokok materi Pemerintah Kecamatan. Metode penelitian ini teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan dialog awal, metode observasi, metode tes, metode dokumentasi Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif sebesar 75,91 dan rata-rata hasil belajar pada siklus I (aspek kognitif= 76,52 atau meningkat sebesar 0,61 dari nilai awal); aspek afektif=17,06 (siswa cukup berminat). Rata-rata hasil belajar siklus II (aspek kognitif= 81,6 atau meningkat sebesar 5,15 dari siklus I); aspek afektif=21,48 (siswa berminat) atau meningkat sebesar 4,42 dari siklus I. Hal tersebut menunjukkan setelah diberikan materi dengan penggunaan strategi pembelajaran Go To Your Post (bergerak kearah yang dipilih) berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Go To Your Post (bergerak kearah yang dipilih) dapat meningkatkan hasil belajar Kewarganegaraan pokok materi Pemerintah Kecamatan pada siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 Weru Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A510/2012-38 |
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Strategi Pembelajaran Go To Your Post, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 22 Feb 2012 04:52 |
Last Modified: | 25 Jun 2012 10:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16996 |
Actions (login required)
View Item |