Taufiqurrohman, Muh. (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajat IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Maka A-Match Pada Sisea Kelas IV SD Negeri Banaran I Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02.__HALAMAN_DEPAN.pdf Download (501kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (80kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Banaran 1 tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif learning tipe make a match pada siswa kelas IV SD Negeri Banaran 1 tahun ajaran 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Banaran 1 Kalijambe Sragen yang berjumlah 24 siswa dan guru kelas IV. Pelaksana tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai guru berkolaborasi dengan guru kelas IV. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refeksi. Hasil belajar IPA sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh nilai rata-rata 56,46 dengan ketuntasan belajar yang diperoleh 33,33%, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 66,46 dengan ketuntasan belajar 58,33%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan dengan nilai rata-rata 79,95 dengan ketuntasan belajar 82,60%. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe make a match dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, metode make a match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Feb 2012 10:22 |
Last Modified: | 21 Feb 2012 10:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16984 |
Actions (login required)
View Item |