Penerapan metode Team Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Gentan 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012

Susiana, Handoko (2011) Penerapan metode Team Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Gentan 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (310kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
03._BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Fulltexs)
10._Skripsi_Handoko_Susiana_A510080018_(Lengkap).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan metode Team Games Tournament. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Gentan 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tehnis analisis kualitatif, yang salah satu modelnya adalah tehnik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, beberan (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini melalui tiga siklus: pada siklus I dari 41 siswa yang masuk terdapat 17 siswa (41%) yang mendapatkan nilai  71, memenuhi KKM. Pada siklus II ada peningkatan hasil belajar siswa sejumlah 20% dari siklus I. Dari nilai hasil belajar 38 siswa yang masuk ada 23 siswa (61%) yang mendapat nilai  71, memenuhi KKM. Pada siklus III dari 39 siswa yang masuk terdapat 35 siswa (90 %) yang mendapatkan nilai  71, memenuhi KKM. Dari data itu ada kenaikan 29% dari sklus II. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapkan metode Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Gentan 01 kecamatan Baki kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: team games tournament, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Feb 2012 09:59
Last Modified: 21 Feb 2012 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16980

Actions (login required)

View Item View Item